LOGISTIC AND PROCUREMENT MANAGEMENT – YOGYAKARTA

LOGISTIC AND PROCUREMENT MANAGEMENT – YOGYAKARTA
WAKTU
7-9 FEBRUARI  2012, 14-16 FEBRUARI 2012, 21-23 FEBRARUI 2012
6-8 MARET 2012, 13-15 MARET 2012, 20-22 MARET 2012, 27-29 MARET 2012
TEMPAT
Hotel all Season Yogyakarta

INVESTASI
Rp. 4,500,000/ Peserta
Included : Coffee breaks, lunch,soft copy materi,hard copy materi, certificate,souvenir
INSTRUKTUR
PATISINA, S.T., M.Eng.
DESKRIPSI
Pengadaan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan logistic atau spare part, merupakan pekerjaan yg harus dan segera dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gudang atau stock barang yang sudah mulai berkurang. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kebutuhan yang tidak tersedia pada saat dibutuhkan. Pada kondisi seperti inilah manajemen logistic sangat diperlukan, bekerjasama dengan bagian pengadaan dan pembelian untuk mempersiapkan proses pengadaan (procurement). Namun dalam pelaksanaanya pengadaan barang tidak semudah yang dibayangkan membeli barang yang dibutuhkan kemudian selesai. Banyak aspek yang harus diperhatikan sehingga pengadaan yang dilakukan tidak menjadi efektif da efisien.
Pelatihan ini akan memberikan dasar terbaik bagi mereka yang berkecimpung dibidang logistic, pembelian dan pergudangan secara integratif. Pengelolaan fungsi pembelian dan pengadaan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam rangkaian proses produksi yang dilakukan sebuah perusahaan. Untuk itu, diperlukan keterampilan dan sistem pembelian yang baik. Disamping itu juga, pemahaman SDM terhadap pengadaan dan kontrak sangat dibutuhkan mengingat dalam suatu pengadaan barang/jasa surat perjanjian kontrak pasti dibutuhkan untuk melegalkan transaksi yg dilakukan
MATERI KURSUS
1. Prinsip-prinsip Manajemen Logistik
2. Aspek Strategis Manajemen Pembelian & Pengadaan
3. Aturan dan prosedur yang berlaku untuk Pengadaan Pemerintah
4. Prinsip-prinsip dalam proses pengadaan
5. Perencanaan dan Pelaksana Pengadaan
6. Proses Seleksi, Negosiasi & Pembinaan Supplier
- Bagaimana menetapkan kriteria seleksi
- Bagaimana mengevaluasi calon pemasok
- Bagaimana mengembangkan calon pemasok setelah menjadi pemasok
7. Tehnik negosiasi pembelian dan pengadaan yang efektif
8. Penyusunan dokumen penawaran dan draft kontrak
9. Evaluasi metode penawaran
10. Pengendalian dan pelaksanaan kontrak E-Procurement
PESERTA
Supervisor, Staff Bagian Pembelian, Pergudangan, Bagian Logistic dan yg terkait dengan pembelian dan pengadaan barang.
METODE
Presentation; Discussion; Case Study;
Evaluation; Pre-Test & Post-Test

Informasi pendaftaran :
 Sari (08122758271/08994500011)
 Damiri (081328602126)

WAREHOUSE MANAGEMENT-YOGYAKARTA

WAREHOUSE MANAGEMENT-YOGYAKARTA


WAKTU
7-9 FEBRUARI  2012, 14-16 FEBRUARI 2012, 21-23 FEBRARUI 2012
6-8 MARET 2012, 13-15 MARET 2012, 20-22 MARET 2012, 27-29 MARET 2012
TEMPAT
Hotel all Season Yogyakarta

INVESTASI
Rp. 4,500,000/ Peserta
Included : Coffee breaks, lunch,soft copy materi,hard copy materi, certificate,souvenir
INSTRUKTUR
PATISINA, S.T., M.Eng
DESKRIPSI
Warehouse memilikipolaaktifitas yang berbedaberdasarkankompleksitas inventory, produk, dankategori industry. Selainitudinamikatekhnologidankonsepterkini supply chain sangatmemilikipengaruhbesarterhadapcarakitamengelola warehouse secaraefektifdanefisien.
Pembangunan warehouse modern memerlukaninvestasi yang besaruntukinfrastruktur, teknologi, tools, hinggabiaya outsourcing, sehinggapengelolaansecara professional danterukurmenjadimutlak, dan warehouse jugamenjadi key success factors pencapaian customer satisfaction, karenasemuaproduct delivery dan services quality sangatdipengaruhitingkatkompetensipengelola warehouse dalammeresponkebutuhan raw material user internal serta product delivery kepada end customer.
Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Setelahmengikutipelatihanini, pesertaakanmemilikikemampuanuntuk:
1. Memahamikonsepterbarudanterkini warehouse management
2. Memahami prinsip dan konsep improvement warehouse management
3. Update konsep, best practice, danteknologiterkini
4. Memahamimetode improvement process dalampengelolaan warehouse
5. Memahami metodeevaluasi kinerja yang efektifdanterukur
Materi
1. Warehouse Management Review
2. Inventory Management
3. Return Management
4. Industrial Standard & Material Handling
5. Warehouse Lay-Out & Stock Locations
6. Inbound & Outbound Management
7. HSE in the Warehouse
8. Stock Opname& Audit Warehouse
9. Warehouse Manual & Procedures
10. Warehouse Improvement of Work
Metode Pelatihan :
a. Pemaparan materi menggunakan modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
b. Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
c. Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
d. Penyampaian materi selalu dibawakan dengan pendekatan Spiritual dan Emotional.
e. Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.
Target Peserta
Para Profesional di bidang:
1. Supply Chain, PPIC, Produksi, Warehouse, Distribusi,
2. Project Manager, Key Account Manager, GA
3. AdministrasiKontrak, Legal Perusahaan, Auditor
4. Supervisor/Manager terkait
Yang inginmeningkatkankompetensinya di bidangini
Informasi pendaftaran :
 Sari (08122758271/08994500011)
 Damiri (081328602126)

Contract Management and Procurement Negotiation-YOGYAKARTA

Contract Management and Procurement Negotiation-YOGYAKARTA

WAKTU
7-9 FEBRUARI  2012, 14-16 FEBRUARI 2012, 21-23 FEBRARUI 2012
6-8 MARET 2012, 13-15 MARET 2012, 20-22 MARET 2012, 27-29 MARET 2012
TEMPAT
Hotel all Season Yogyakarta

INVESTASI
Rp. 4,500,000/ Peserta
Included : Coffee breaks, lunch,soft copy materi,hard copy materi, certificate,souvenir
INSTRUKTUR
PATISINA, S.T., M.Eng
DESKRIPSI
COURSE OVERVIEW
Ability to negotiate and understand the contract is an important thing that must be mastered by professional or management. Limitations of Procurement team skills to negotiate and review contracts with the Supplier make the negotiation process is running in un-fair situation.
It is extremely important to enrich the team skills with the methods of negotiation strategies and the ability to reviewing the contract terms and conditions. With this capability, the team will closing deals with supplier for procure product and services, with the conditions; best prices, best quality, and best terms and conditions.
WORKSHOP GOALS
· After this training, participants will have ability to:
· Planning and negotiation strategies
· Understanding the ethical standards negotiated
· Evaluate the strengths and weaknesses of our suppliers
· Understanding the key points in contract clause
· Compile, analyze, and prepare contract
· Conducting negotiations with suppliers without affectedly their performance and strategy.
WORKSHOP METHODS
Class presentation, discussion, study analysis, and video presentation, with methods:
- 20% theory based on practitioner literature
- 40% analysis and best practices among industry
- 40% real case study and discussions between the trainers with participants brainstorming
RECCOMENDED PARTICIPANTS
For professional in fields of:
1. Supply Chain, PPIC, Production, Warehouse, Distribution, Purchasing/Procurement
2. Project Manager, Key Account Manager, GA
3. Contract Administration, Corporate Lawyer, Auditor
4. Supervisor/Manager which deals with supply chain activities
5. Anyone wishing to improve their competencies
COURSE CONTENT
1. Contract Management review
2. Type of Contract and Trade Risk
3. Contract Terms and Conditions
4. Mediation and Contract Case Study
5. Negotiation Skills Review
6. Procurement Code of Conduct
7. Negotiation Strategy
8. Sourcing Analysis
9. Negotiation Terms
10. Negotiation Tool Kits
11. Handling Difficult Supplier
12. Case Study and Closing Review


Informasi pendaftaran :
 Sari (08122758271/08994500011)
 Damiri (081328602126)

Logistics And Supply Chain Management Concept, Strategy and Implementation-YOGYAKARTA


Logistics And Supply Chain Management Concept, Strategy and Implementation-YOGYAKARTA

WAKTU
7-9 FEBRUARI  2012, 14-16 FEBRUARI 2012, 21-23 FEBRARUI 2012
6-8 MARET 2012, 13-15 MARET 2012, 20-22 MARET 2012, 27-29 MARET 2012
TEMPAT
Hotel all Season Yogyakarta

INVESTASI
Rp. 4,500,000/ Peserta
Included : Coffee breaks, lunch,soft copy materi,hard copy materi, certificate,souvenir
INSTRUKTUR
PATISINA, S.T., M.Eng.
DESKRIPSI
Dinamika lingkungan industri serta persaingan yang semakin ketat telah mengubah sistem manajemen logistik yang selama ini dikenal. Supply chain management didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas sejak dilakukan pembelian material, proses transformasi material menjadi bahan setengah jadi dan produk jadi serta mendistribusikannya melalui sistem distribusi yang ada. Jadi, supply chain mengatur aktivitas sejak di supply cycle, response cycle sampai ke delivery cycle.
Perkembangan teknologi informasi telah banyak menyumbang tumbuhnya sistem supply chain management. Saat ini semua fungsi manajemen logistik telah dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet dan intranet. Penggunaan Web dalam supply chain telah menjadi trend di perusahaan industri manufaktur dan industri jasa terkemuka akhir akhir ini.
TUJUAN
untuk memberikan pengertian mendalam tentang supply chain management dan dukungan teknologi informasi dalam operasinya. Workshop diberikan dengan case method disertai dengan peragaan penggunaan web untuk aktivitas supply chain management.
MATERI
1.Redefinisi, evolusi dan peran logistik dalam dunia usaha.
- Paradigma baru manajemen logistik.
- Manajemen logistik sebagai sebuah sistem.
- Redefinisi sistem manajemen logistik.
- Evolusi sistem manajemen logistik dan supply chain management.
- Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap sistem manajemen logistic
2. Mengukur performansi sistem manajemen logistik.
- Ukuran performansi sistem manajemen logistik.
- Produktivitas sistem manajemen logistik.
- Kualitas sistem manajemen logistik.
3. Perencanaan dan manajemen persediaan.
- Dasar manajemen persediaan.
- Mengukur performansi sistem persediaan.
- Prakiraan kebutuhan barang.
- Order quantity engineering.
- Inventory control policy and replenishment design.
- Disain sistem dan manajemen persediaan.
4. Supply management.
- Perkembangan terakhir konsep supply management.
- Mengukur performansi supply management.
- Vendor Selection Technique.
- Negotiation Techcnique
- Supplier integration and relationship management.
- Teknologi informasi dan aplikasi sistem internet dalam supply management.
5. Manajemen transportasi dan distribusi
- Model sistem transportasi dan distribusi.
- Rincian aktivitas sistem transportasi.
- Mengukur produktivitas sistem transportasi.
- Logistics network design.
- Shipment planning and management.
- Fleet, container and yard management.
- Freight and document management.
6. Manajemen Pergudangan
- Fungsi fungsi dalam manajemen pergudangan.
- Profil aktivitas manajemen pergudangan.
- Mengukur performansi manajemen pergudangan.
- Prinsip prinsip penerimaan barang.
- Operasi penyimpanan barang.
- Order picking operations.
- Shipping principles.
7. Disain organisasi logistik.
- Manajemen organisasi supply chain.
- Logistics strategic planning and project management.
- Logistics process and activity management.
8. Logistics and supply chain information system.
- Arsitektur sistem informasi manajemen logistik dan supply chain.
- Logistics data warehousing and decision support system.
- Manajemen logistik berbasis Web
- Paperless and wireless logistics system.
9. Studi kasus.
- Material Requirement Planning (MRP) and Supply Chain at Alenia Aircraft.
- Jaguar-Nippondenso Relation.
- Pengembangan Web-based Logistics Planning System and e-Procurement di sebuah BUMN terkemuka.
- Vendor Selection di sebuah perusahaan terkemuka di dunia.
PESERTA
Logistics /supply chain Manager, Purchasing manager, Warehousing manager, Distribution Manager, Logistics Planner, Production manager, Production Planner, Marketing Manager dan semua posisi yang erat kaitannya dengan manajemen logistik serta siapa saja yang ingin mengetahui perkembangan terakhir Logistics and Supply Chain Management.
METODE
Presentation
Discuss
Case Study
Evaluation
Pre-Test & Post-Test
FASILITAS
Certificate, Training Kit, Module / Handout, Lunch-Coffee Break, dan Souvenir

Vendor Selection & Evaluation in Effectively-YOGYAKARTA

Vendor Selection & Evaluation in Effectively-YOGYAKARTA

WAKTU
7-9 FEBRUARI  2012, 14-16 FEBRUARI 2012, 21-23 FEBRARUI 2012
6-8 MARET 2012, 13-15 MARET 2012, 20-22 MARET 2012, 27-29 MARET 2012
TEMPAT
Hotel all Season Yogyakarta

INVESTASI
Rp. 4,500,000/ Peserta
Included : Coffee breaks, lunch,soft copy materi,hard copy materi, certificate,souvenir
INSTRUKTUR
PATISINA, S.T., M.Eng. & Drs. Amin Wibowo, MBA
DESKRIPSI
Who should attend ?
Para Profesional di bidang:
1. Supply Chain/Logistics, Purchasing/Procurement, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
2. GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan.
3. Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit.
4. Supervisor/Manager terkait operasional Purchasing.
5. Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.
Tujuan Pelatihan :
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1. Membuat Procurement Plan berdasarkan kriteria produk & jasa serta metode pembelian
2. Melakukan update berkala Vendor/Supplier list
3. Mengidentifikasi kandidat Vendor/Supplier yang qualified & capable.
4. Mengimplementasikan metode evaluasi & inspeksi calon Vendor/Supplier dalam keseharian tugas.
5. Membuat keputusan yang efektif & efisien dalam proses seleksi Vendor/Supplier
Metode Pelatihan :
Class presentation, discussion, study analysis, dan video presentation, dengan konsep:
v 20% teori berdasarkan literatur praktisi
v 40% analisa best practices dan benchmarking antar industri
v 40% studi kasus nyata dan diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta
Outline :
1. Procurement Methods
2. Supply Positioning Models
3. Pre-Qualification Methods
4. Trade Checking
5. Administrative Documents Verification
6. Vendor Supply Analysis
7. Weighted Score Methods
8. Field Inspection
9. Auction & Final Negotiation
10. Order & Contract Decision
Informasi pendaftaran :
 Sari (08122758271/08994500011)
 Damiri (081328602126)