Membangun Kemitraan dengan Stakeholders dan Mengelola Konflik Lokal berbasis Program CSR/ComDev di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas - Yogyakarta

Offering Training
Membangun Kemitraan dengan Stakeholders dan Mengelola Konflik Lokal berbasis Program CSR/ComDev di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas
DESCRIPTION
Salah satu tujuan utama dari perusahaan adalah membangun kemitraan dengan semua stakeholder-nya dalam rangka pencapaian tujuan strategis perusahaan. Seyogyanya, perusahaan mampu membangun inisiatif-inisiatif kreatif dalam rangka membangun kemitraan dengan masyarakat di sekitarnya yang terdiri dari beragam organisasi, lembaga, warga, dan tokoh masyarakat sehingga tercapai adanya saling kesepahaman dan rasa hormat diantara berbagai pihak yang pada ujungnya akan mempermudah proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
Banyak sudah perusahaan yang telah melakukan program CSR/CD dan mengklaim keberhasilan CSR/CD yang dilakukannya. Namun pada kenyataannya, konflik antara perusahaan dan masyarakat dan stakeholders lokal tetap saja terjadi. Konflik yang terjadi tentu saja memberikan dampak yang merugikan bagi operasional perusahaan dan masyarakat sekitar.
Konflik dalam konteks ini didefinisikan sebagai suatu hubungan antara dua pihak atau lebih (individu atau kelompok) yang memiliki atau yang merasa memiliki sasaran yang tidak sejalan. Banyak isu yang menjadi potensi konflik antara perusahaan dan masyarakat serta stakeholders lokal seperti permasalahan tanah, pekerjaan, isu politik, kebijakan otonomi dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mengantisipasi konflik, perusahaan perlu kiranya mempunyai sistem early warning system yang mampu mendeteksi konflik sejak dini serta secara efektif mampu mentransformasi konflik menjadi situasi relasional yang win-win.. Dalam konteks ini program CSR dan Comdev adalah berfungsi sebagai suatu program yang semestinya dapat menjadi progam resolusi konflik antar stakeholder. Adalah sangat penting bagi perusahaan untuk dapat menerapkan program CSR dan Comdev dengan tepat dan sesuai dengan potensi konflik yang ada ditingkat masyarakat sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan baik. Hasil akhir yang diharapkan adalah kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu dan perusahaan dapat hidup berdampingan secara damai dan produktif dengan semua stakeholder-nya.
Berangkat dari pemikiran tersebut dan berefleksi dari pengalaman yang menunjukkan besarnya kebutuhan perusahaan terhadap pendekatan efektif mengelola konflik serta membangun kemitraan dengan stakeholder-nya, maka kami berinisiatif menjawab kebutuhan tersebut. Melalui training ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kesepahaman diantara stakeholders yang berwujud pada komitmen bersama memberdayakan masyarakat.
WHO SHOULD ATTEND
Pimpinan dan Pemilik Perusahaan Tambang/Perkebunan/Ekstraktif lainnya, Konsultan Hukum, Staf dan Manajer bidang Hukum, External Relations, Public Relations, Government Relations, CSR and Community Development, Project/Site Manager, LSM, Tokoh Masyarakat, Polisi, Staf dan Pejabat Pemda dan pihak lainnnya yang terkait.
OBJECTIVE
  • Peserta pelatihan mendapatkan pemahaman dan kerangka kerja manajemen kemitraan dan manajemen konflik yang sesuai dengan karakter masyarakat.
  • Peserta pelatihan dapat mengelola dan mentransformasi konflik yang terjadi di wilayah perusahaannya
  • Peserta pelatihan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam mendeteksi konflik sejak awal serta dapat membangun komunikasi strategis antar pihak yang terlibat.
  • Peserta pelatihan mampu mendesain dan mengembangkan program-program kemasyarakatan yang konstruktif dan berkelanjutan serta memampukan tercapainya situasi yang damai dan harmoni dengan masyarakat dan stakeholders lokal lainnya.
  • Peserta pelatihan mampu memelihara dan memperkuat hubungan baik dengan semua stakeholders, khususnya LSM dan Birokrasi.
  • Peserta pelatihan mampu menjadi wakil perusahaan yang efektif  ketika berhubungan dengan semua stakeholders lokal dalam rangka memelihara hubungan dengan semua stakeholders.
·         Peserta pelatihan mampu meng-update informasi terkini dan valid menyangkut situasi politik dan sosial dari semua stakeholders lokal.
SUMMARY OUTLINE
1.       Kebijakan dan Ruang Lingkup Praktik CSR/CD di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas
2.       CSR/CD dan Isu Dinamika Daerah/Lokal: Kerusakan Lingkungan, Hak Ulayat, Ekonomi Lokal, Ketenagakerjaan, Otonomi Daerah
3.       Membangun Kemitraan dalam Program CSR/CD melalui Transformasi Konflik di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas
4.       Pendekatan Conflict Sensitivity Tool for Business & Project Operasional yang dikembangkan oleh International Alert
5.       Pemetaan Isyu/Masalah dan Stakeholders/Jejaring Kepentingan di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas melalui Kemitraan Strategis antar Stakeholders
6.       Lesson Learned: Praktek CSR/CD di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas melalui Kemitraan Strategis antar Stakeholders
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social  Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE
COURSE FEE
Jentra Dagen Hotel
Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
25-27 February 2013
29 April-01 May 2013
01-03 July 2013
07-09 October 2013
09-11 December 2013
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential

Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)
                   

Marketing Strategy - Yogyakarta

Offering Training
Marketing Strategy
DESCRIPTION
Di era kompetisi bisnis yang semakin masif dan kompetitif serta menghadapi persoalan overcapacity terhadap permintaan pasar saat ini, muncul persoalan bagaimana menciptakan demand di antara konsumen yang sudah sangat terdiferensiasi. Untuk dapat berhasil didalam memenangkan pasar yang sangat kompetitif sekarang ini, pelanggan harus menjadi prioritas  dan menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan.
Arah bisnis semua perusahaan akan sangat ditentukan oleh eksistensi dan efektifitas fungsi pemasarannya. Program pemasaran yang bermutu akan memadukan standard manufaktur dan layanan dengan selera pelanggan dan kemampuan pesaing. Kecenderungan ke arah layanan yang unggul ditentukan oleh persepsi dan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, analisis lingkungan eksternal dan internal melalui SWOT analysis perlu dilakukan secara berkelanjutan agar strategi yang digunakan perusahaan memang tepat waktu dan tepat sasaran untuk menjangkau pasarnya secara efektif.
Pemasar dituntut untuk mendengarkan, mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan menyediakan pemecahan yang tidak saja memuaskan pelanggan, tetapi juga menyenangkan pelanggan. Keunggulan mutu produk dan jasa sebagai elemen terpenting juga menuntut adanya continuous learning  secara sistematik. Selanjutnya bagaimana kita menghantarkan value tersebut kepada pelanggan melalui komunikasi yang efektif dan sistem distribusi yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkannya, yang selanjutnya akan menciptakan branding dan image perusahaan di dalam pasar.
WHO SHOULD ATTEND
·         Directors / General Manager
·         Division Managers / Marketing Managers / Product Managers / Brand Managers / Sales Managers
·         Senior Marketing Specialist
·         Corporate Planners
·         Marketing Supervisor, Senior Staff in Marketing
OBJECTIVE
·         Menyusun dan menulis rencana pemasaran strategis dan operasional
·         Menilai proses perencanaan yang berorientasi pada pelanggan dan menyusun rekomendasi konstruktif untuk memaksimalkan manfaat bisnis
·         Mendesain proses perencanaan yang berorientasi pada pelanggan dan memetakan program kerja organisasional
·         Menggunakan teknik dan tools untuk perencanaan yang berorientasi pada aspek luar dan komprehensif
·         Mengelola analisis dan pengambilan keputusan segmentasi
·         Mengenali berbagai hambatan untuk mencapai kinerja pemasaran dan bisnis yang maksimum dan tahapan praktikal untuk mengatasi hambatan tersebut
·         Merekomendasikan serangkaian ukuran dan kontrol metriks di bidang pemasaran dan keuangan
SUMMARY OUTLINE
1.       Marketing’s role in organisations today.
2.       The challenge of establishing a market orientation.
3.       Structure of a customer-focused business plan.
4.       The tools of internal and external analysis.
5.       Using the SOSTAC framework for planning.
6.       Aligning strategic, operational and tactical level plans.
7.       The challenges of segmentation in business.
8.       How the marketing mix creates competitive advantage.
9.       Metrics to improve future performance.
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social  Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE
COURSE FEE
Jentra Dagen Hotel
Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
20-22 February 2013
24-26 April 2013
26-28 June 2013
02-04 October 2013
04-06 December 2013
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential

Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)

Teknik dan Prosedur Penyusunan KPI berbasis Balanced Scorecard - Yogyakarta

Offering Training
Teknik dan Prosedur Penyusunan KPI berbasis Balanced Scorecard
DESCRIPTION
Setiap organisasi berkepentingan untuk memiliki kinerja yang unggul di dalam pasarnya. Organisasi yang sukses biasanya memiliki budaya  yang terkait dengan mekanisme penetapan ekspektasi yang jelas untuk pencapaian kinerja organisasionalnya serta mekanisme terstruktur untuk mereview dan memonitor berbagai upaya untuk mencapai target kinerja organisasi.
Key Performance Indicators (KPIs) menunjang organisasi dengan perspektif arahan, motivasi dan sekaligus media untuk mengukur kesehatan organisasi. KPI yang baik akan bersifat spesifik, terukur, sejalan dengan visi organisasi dan menjadi basis bagi pengembangan rencana dan strategi perusahaan.
Key Performance Indicators (KPI’s) juga merupakan metrik utama yang dimaksudkan sebagai prediktor kesehatan operasional perusahaan. Pengelola perusahaan dapat melihat secara obyektif bagian-bagian mana yang sudah berjalan baik dan mana yang belum berjalan dengan baik melalui KPI sebagai media pengukuran kinerja organisasi. Dengan mekanisme pengukuran ini, pengelola perusahaan juga akan dapat menentukan sistem reward dan belajar dari praktek-praktek terbaik yang telah dijalankannya. KPI juga akan memberikan perspektif terukur bagi pengelola perusahaan untuk menerapkan inisiatif manajemen perubahan dan sebagai media diagnostik untuk mengidentifikasi area-area perbaikan atau prioritas kerja perusahaan.
Survey menunjukkan bahwa ketiadaan tujuan yang jelas merupakan alasan nomor satu mengapa para supervisor gagal di dalam menjalankan tugasnya. Selanjutnya harapan yang tidak jelas dan feedback yang buruk telah lama diidentifikasi sebagai penyebab buruknya kinerja karyawan. Dengan sistem pengukuran kinerja organisasional yang tidak jelas, akan mengakibatkan berbagai dampak ikutan yang tidak menguntungkan bagi organisasi dan karyawannya. Pelatihan selama 2 hari ini dimaksudkan sebagai media pembelajaran praktikal, partisipatif dan langsung untuk menyusun dan mengelola  KPI berbasis BSC sebagai metrik utama yang akan dipakai sebagai prediktor kesehatan operasional perusahaan.
WHO SHOULD ATTEND
Training ini didesain untuk para manajer, supervisor, dan staf senior lainnya yang akan terlibat dalam proses pembentukan, pengarahan dan pengelolaan penerapan program pengukuran kinerja KPI di dalam perusahaan.
OBJECTIVE
·         Untuk memahami dasar-dasar konsep Manajemen Kinerja di dalam perusahaan
·         Untuk mengembangkan KPI  yang sejalan dengan misi, visi dan sasaran perusahaan
·         Untuk memahami bagaimana melakukan proses cascading KPI
·         Untuk membekali peserta dengan pemahaman konsep BSC dan mampu mengidentifikasi KPI yang tepat untuk mengukur output dan outcome stratejik yang diharapkan dari perusahaan
·         Untuk memahami proses penggunaan dan pengelolaan KPI di dalam perusahaan
·         Untuk memahami bagaimana menyelaraskan pengukuran dan sasaran tim/individual dengan sasaran organisasi atau unit bisnis
SUMMARY OUTLINE
1.       Memahami sistem manajemen kinerja dan pengukurannya
2.       Mengembangkan sistem pengukuran kinerja
3.       Menyusun KRA, KPI dan Sasaran Kinerja Organisasi
4.       Memilih KRA dan KPI Organisasi yang relevan dengan Unit Kerja/Organisasi
5.       Mengembangkan KRA Unit Kerja/Organisasi
6.       Mengembangkan KPI Unit Kerja/Organisasi
7.       Mengembangkan KPI Individual/Job Title
8.       Metodologi Pengumpulan, Pelacakan & Feedback Data
9.       Monitoring dan Pelaporan Sistem Manajemen Kinerja
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social  Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE
COURSE FEE
Jentra Dagen Hotel
Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
18-20 February 2013
22-24 April 2013
24-26 June 2013
30 September 2013-02 October 2013
02-04 December 2013
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential

Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)