Offering Training
Manajemen CSR dan Implementasi ISO 26000: 2010 Guidance on Social Responsibility
DESCRIPTION
ISO (International Standards Organisation) telah meluncurkan standard pertama di dunia di bidang tanggung jawab social pada awal  November 2010. Standard ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility ini menjadi rujukan bagi perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara bertanggung jawab. Standard ini akan menjadi rujukan praktek terbaik di bidang tanggung jawab sosial  bagi perusahaan di sektor swasta maupun publik dengan mempertimbangkan aspek sosial, lingkungan, legal, budaya, politik, dan keragaman organisasi termasuk tentunya pertimbangan aspek ekonomis. ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus  pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR), berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini. Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk  menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial. Standard  rujukan ISO 26000 ini akan menjadi barometer sejauh mana tingkat keterlibatan perusahaan dalam aktivitas tanggung jawab sosial  dapat terukur. Dengan mencermati perilaku perusahaan, standard ini akan mengevaluasi sejauhmana perilaku perusahaan memberi kontribusi kepada upaya-upaya pembangunan berkelanjutan, khususnya aspek kesehatan dan kesejahteraan sosial; mempertimbangkan kebutuhan dan ekspektasi dari stakeholders; memenuhi persyaratan legal dan norma internasional lain yang relevan dan terintegrasi serta diimplementasikan di dalam organisasi. Pelatihan ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya untuk mendukung perusahaan-perusahaan untuk mulai menerapkan standard rujukan ISO 26000 Social Responsibility ini. Pelatihan ini akan menguraikan cakupan dan rasionalitas dari ISO 26000 dan mengantisipasi berbagai isu tanggung jawab pokok yang harus dikelola oleh perusahaan, yang mencakup: Governance; Environment; Human Rights; Labour Practices; Fair Operating Practices; Consumer Issues; Community Involvement; dan Communication. Pada akhirnya, training ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi dari peserta untuk mengelola dan mengimplementasikan standard rujukan ISO 26000 ini secara efektif dan produktif di dalam organisasinya.
WHO SHOULD ATTEND
1.      Staf Senior, Manager, dan Direksi.
2.      Manajer Fungsional di bidang Health & Safety, CR, HR, Marketing & Communications.
3.      Manajer dan Senior Manajer yang berkepentingan dengan ISO 26000.
4.      Manajer dan Senior Manajer bidang Corporate Governance/ Compliance
5.      Manajer dan Senior Manajer bidang Quality &  Environment, External / Government Relations & Project/Site.
OBJECTIVES
1.    Memahami aplikasi program tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dalam konteks standard rujukan ISO 26000.
2.    Memahami konsep, pendekatan, subyek, metoda dan teknik yang diperlukan untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan.
3.    Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stakeholders yang berbeda-beda.
4.    Mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000
5.    Mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktek ISO 26000.
6.    Mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000.
7.    Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000.
SUMMARY OUTLINE

1.      Introduction to the management of a social responsibility program based on ISO 26000

§  Kerangka historis, normatif, dan legal yang terkait dengan tanggung jawab sosial dari perusahaan.
§  Prinsip-prinsip dasar tanggung jawab sosial perusahaan
§  Presentasi the ISO 26000 clauses dan enam core subjects
§  Analisis awal dan penentuan tingkat maturitas dari program tanggung jawab sosial perusahaan yang sekarang sedang berjalan
§  Menuliskan kasus bisnis dan desain awal dari program tanggung jawab sosial
§  Pengembangan sebuah rencana proyek penerapan program yang sesaui dengan standard ISO 26000
2.      Planning a social responsibility program based on ISO 26000 
§  Merancang sebuah kebijakan tanggung jawab sosial
§  Isu HAM dan best practices
§  Isu Perburuhan dan best practices
§  Isu Lingkungan dan best practices
§  Isu Praktek Operasional yang Fair dan best practices
§  Isu Pelanggan dan best practices
§  Isu Pembangunan dan Keterlibatan Komunitas dan best practices

3.      Launching and implementing a social responsibility program based on ISO 26000 followed by an effective monitoring & control system

§  Implementasi sebuah dokumen kerangka kerja manajemen tanggung jawab sosial
§  Implementasi rencana aksi tanggung jawab sosial
§  Pengembangan sebuah training dan program sosialisasi yang mengkomunikasikan tanggung jawab sosial
§  Manajemen operasional dari program tanggung jawab sosial
§  Monitoring sebuah program tanggung jawab sosial
§  Pengembangan penilaian dan metriks indikator kinerja bagi program penerapan ISO 26000
§  Implementasi program perbaikan secara berkelanjutan.
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
H. Irfan Riza, SE, MSi, MA
Sebagai akademisi dan  konsultan/trainer profesional kurang lebih 12 tahun di bidang: Human Resources Development, Leadership & Supervisory, Communication, Softskills, Organizational Development & Change, Customer Service, Human Capital, Productivity Management, Knowledge Management, Strategic Management, CSR & Community Development, Personal Development, General Management, Local Government, Political Strategy, dll.
TIME & VENUE
COURSE FEE

Yogyakarta, 28-30 November 2011
3 days
08 am – 04 pm

IDR 6,000,000.00 per participant non residential
Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@yahoo.com
Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)
                   

How to Measure HRM Accountability
(Mengukur Akuntabilitas Kinerja Fungsi MSDM)
DESCRIPTION
Sebagai salah satu fungsi terpenting di dalam organisasi, fungsi MSDM semakin sering mendapatkan sorotan. Sejumlah pihak sudah banyak yang melakukan studi, survey, dan interview untuk mengidentifikasi praktek dan proses yang paling efektif dari fungsi MSDM. Upaya-upaya tersebut patut mendapat apresiasi karena pada muaranya akan bermanfaat untuk meningkatkan kontribusi fungsi MSDM di dalam organisasi. Fungsi MSDM akan dapat dievaluasi dan diukur dengan ukuran-ukuran yang bersifat bottom-line sehingga akuntabilitas fungsi MSDM dapat dipahami oleh pimpinan puncak maupun stakeholders lain.
Secara faktual, keberadaan fungsi MSDM di dalam organisasi semakin menujukkan values dan pengaruhnya secara strategis. Beberapa fakta menunjukkan; a) meningkatnya anggaran untuk fungsi MSDM, b) konsekuensi yang sangat berarti bagi organisasi secara biaya maupun citra bila praktek MSDM berjalan tidak efektif dan bermasalah, dan 3) semakin menyatunya fungsi MSDM dengan fungsi-fungsi lain dan tantangan peran strategis yang harus diperankan oleh fungsi MSDM.
Dalam perspektif inilah, semua staf dan pimpinan di bidang MSDM secara bersama-sama menghadapi satu tantangan penting: memastikan bahwa fungsi MSDM-nya dikelola dengan tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Mereka harus memiliki prosedur dan metoda yang baku untuk mengukur kontribusi fungsi MSDM, sehingga berbagai kritikan dari berbagai pihak terhadap fungsi MSDM menyangkut aspek Akuntabilitas, ROI, Value Added dan Bottom Line Measurements lainnya dapat terjawab.
WHO SHOULD ATTEND
1.      Staf, Profesional dan Manajer di bidang Manajemen Sumberdaya Manusia
2.      Manajer dan Pimpinan Perusahaan lain yang terkait dan berkepentingan dengan fungsi MSDM
OBJECTIVES
Pelatihan ini akan menyajikan metode praktis secara komprehensif dan sederhana untuk mengevaluasi berbagai tipologi program MSDM. Dengan menggunakan proses yang sistematis, dimulai dari pengembangan frame work untuk evaluasi sampai mengkomunikasikan hasil ke berbagai stakeholders terkait, pelatihan ini dimaksudkan sebagai referensi baku untuk mengukur dan mengevaluasi berbagai program MSDM.
SUMMARY OUTLINE
  1. Konsep HR sebagai Strategic Partner
  2. Konsep Transformasi HRM menuju Result-based HRM
  3. Kerangka umum untuk mengevaluasi fungsi MSDM
  4. Isu-Isu yang terkait dalam Pengembangan Result-based HRM
  5. Penyusunan HR Scorecard
  6. Petunjuk Penerapan HR Scorecard
  7. Teknik dan Prosedur Pengukuran Kontribusi MSDM
  8. Analisis dan Penyajian Data
  9. Diskusi Aplikatif dan Kasus
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
H. Irfan Riza, SE, MSi, MA
Sebagai akademisi dan  konsultan/trainer profesional kurang lebih 12 tahun di bidang: Human Resources Development, Leadership & Supervisory, Communication, Softskills, Organizational Development & Change, Customer Service, Human Capital, Productivity Management, Knowledge Management, Strategic Management, CSR & Community Development, Personal Development, General Management, Local Government, Political Strategy, dll.
TIME & VENUE
COURSE FEE

Yogyakarta, 22-24 November 2011
3 days
08 am – 04 pm

IDR 6,000,000.00 per participant non residential
Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339

Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)
                   

Essential Skill for Secretary and Administration Professional


Essential Skill for Secretary and Administration Professional
TUJUAN
Menghadapi perubahan akibat pengembangan perusahaan, kemajuan teknologi dan informasi, maka untuk menjadi staf administrasi dan sekretaris yang handal, haruslah dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Pelatihan ini diarahkan pada pengembangan diri staf administrasi atau sekretaris yang dapat diandalkan dan mampu mengikuti perkembangan perusahaan dengan cara  :
a.       Memahami fungsi dan tugas seorang staf administrasi /sekretaris yang menunjang pencapaian sasaran pimpinan dan organisasi perusahaan
b.      Memahami etika kerja dan teknik komunikasi yang baik sebagai staf administrasi/sekretaris dan menerapkannya dalam proses kerja melayani pimpinan dan relasi perusahaan.
c.       Memahami teknis pengerjaan administrasi dalam sistem informasi perkantoran yang menunjang kelancaran aktivitas pimpinan dan pencapaian tujuan unit kerja / organisasi
PESERTA
   1. Para Sekretaris
   2. Staf administrasi (unit kerja tidak dibatasi)
MATERI
1.      SEKRETARIS DAN ADMINISTRASI PROFESIONAL
Peran staf administrasi / sekretaris yang handal dalam menangani sistem informasi perkantoran dan mendukung pelaksanaan manajemen pimpinan
a.       Pengertian & peranan Sistem Informasi Perkantoran
b.      Fungsi & tugas staf administrasi / sekretaris  dalam pengelolaan Sistem Informasi Perkantoran  & support pimpinan
c.       Pemahaman Job Description Sekretaris
d.      Syarat & kepribadian staf administrasi / sekretaris

2.      PROFESSIONAL COMPETENCE DEVELOPMENT
Pengembangan kompetensi diri dalam melaksanakan Management Filing System, salah satu tugas profesi sekretaris
a.          Peranan dan jenis arsip
b.          Teknik pengelolaan arsip
c.          Prinsip 5 R penunjang filing system
d.         Pengurusan & pengendalian surat
e.          Tinjauan masalah filing system di tempat kerja
f.           Diskusi penyelesaian masalah

3.      INTRAPERSONAL COMPETENCE DEVELOPMENT
Mengembangkan kompetensi atau kemampuan untuk mengenal dan mengendalikan diri sendiri sebagai sekretaris
a.       Self Awareness :
§  Pemahaman diri dengan introspeksi
§  Pemahaman diri dengan giving feedback
§  Pengembangan potensi diri
b.      Self Direction :
§  Goal setting
§  Visi & target
§  Motivasi
§  Sikap positif menghadapi dinamika kerja
c.       Self Management :
§  Time management
§  Stress handling

4.      INTERPERSONAL COMPETENCE DEVELOPMENT
Mengembangkan kemampuan untuk bergaul dan  berinteraksi dengan orang lain menjalankan profesi sekretaris.
a.       Human Relation :
§  Prinsip dasar human relation
§  Komunikasi
b.      Keterampilan Komunikasi dalam dunia kerja
§  Komunikasi dalam membangun teamwork
§  Komunikasi dalam menciptakan customer satisfaction
§  Penerimaan & pelayanan tamu kantor
§  Penerimaan pelayanan telepon dan tata cara menelepon

METODE
PEMBICARA
v  Presentasi
v  Diskusi
v  Studi Kasus
v  Evaluasi
v  Simulasi
Drs. Bambang Darmadi, MM

Berpengalaman di bidang manajemen kesekretariatan dan perkantoran
WAKTU & TEMPAT
Biaya

Yogyakarta, 15-17 November 2011
3 hari
08.00 – 16.00 WIB

Rp.  6.000.000.- per orang non residensial
Pembayaran dapat ditransfer ke :
Bank Mandiri cabang Yogyakarta Rek No.  1370007857077 a.n. CV JP CONSULTANT

FASILITAS
INFORMASI dan PENDAFTARAN
¨  Modul / Handout
¨  Sertifikat
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Telp.          :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@yahoo.com
Kontak      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)