Teknik Memetakan Masalah Publik & Sosial Kemasyarakatan di Lingkungan Perusahaan – Jogjakarta

Offering Training
Teknik Memetakan Masalah Publik & Sosial Kemasyarakatan di Lingkungan Perusahaan – Jogjakarta
DESCRIPTION
Salah satu kendala dalam pelaksanaan pembangunan maupun program, baik yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah maupun oleh perusahaan melalui program CSR/Comdev-nya adalah persoalan ketidaktepatan program atau agenda pembangunan yang dijalankan. Seringkali justru yang terlihat, masyarakat yang menjadi sasaran program atau agenda pembangunan tidak dapat merasakan manfaat  atau terdapat perbedaan outcome yang sangat minimal antara kehidupan sebelum dan setelah program atau agenda pembangunan berjalan.
Situasi ini terjadi dikarenakan kebanyakan program atau agenda pembangunan sosial kemasyarakatan tersebut tidak mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhan (needs) dari komunitas tersebut. Seringkali kita sebagai aparatur atau penyelenggara program atau agenda pembangunan menilai kebutuhan suatu masyarakat dari sudut pandang kita sebagai pelaku yang akan memberikan bantuan, bukan dari sudut pandang penerima/penggunanya. Oleh karena itu, menggali kebutuhan faktual dari masyarakat adalah syarat mutlak yang harus dilakukan sebelum memutuskan program atau agenda pembangunan yang cocok dan sesuai dijalankan dalam suatu masyarakat.
Pelatihan ini akan memberikan perspektif teoritis dan aplikatif bagaimana memahami isu-isu publik dan sosial kemasyarakatan suatu masyarakat.
WHO SHOULD ATTEND
Pimpinan dan Pemilik Perusahaan Tambang/Perkebunan/Ekstraktif lainnya, Konsultan Hukum, Staf dan Manajer bidang Hukum, External Relations, Public Relations, Government Relations, CSR and Community Development, Project/Site Manager, LSM, Tokoh Masyarakat, Polisi, Staf dan Pejabat Pemda dan pihak lainnnya yang terkait.
OBJECTIVE
·         Membekali peserta dengan berbagai metoda dan teknik yang dapat digunakan untuk mengenali dan memahami konteks “masalah” dan “kebutuhan” dari sebuah masyarakat.
·         Membekali peserta dengan konsep social network sebagai salah satu benchmark di dalam mengenali kebutuhan suatu masyarakat.
·         Membekali peserta dengan metode penelitian kualitatif untuk lebih memahami kondisi dan persoalan sosial kemasyarakatan dan solusi pemecahannya yang tepat.
SUMMARY OUTLINE
1.       Konsep Sosial & Masalah Sosial  dan Publik
2.       Metoda Kualitatif dalam Mengidentifikasi Masalah Sosial dan Publik
3.       Pemetaan Social Network
4.       Metoda dan Teknik Pengumpulan Data
5.       Teknik Memetakan dan Menganalisis Masalah
6.       Teknik dan Desain Pengembangan Program
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social  Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE
COURSE FEE
Jentra Dagen Hotel
Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
20-22 March 2013
22-24 May 2013
02-04 September 2013
30 October 2013-01 November 2013
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential

Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar