Teknik Antisipasi & Pengelolaan Konflik Sosial Kemasyarakatan dan Publik bagi Aparatur Pemerintah dan Perusahaan Swasta-Jogjakarta Malioboro

Offering Training
DESCRIPTION
Workshop ini didesain bagi semua aparatur pemerintah, khususnya pemerintah daerah dan perusahaan swasta, terutama yang secara langsung atau tidak langsung berurusan dengan antisipasi dan pengelolaan konflik-konflik sosial dan publik yang sekarang ini secara massif terjadi di berbagai tempat di wilayah Indonesia. Konflik yang mengemuka di berbagai daerah ditengarai masih terkait dengan masalah beragamnya kepentingan, latar belakang, identitas dan simbol-simbol demografis lain yang masih sering disalahgunakan untuk menciptakan situasi yang disintegratif atau sebagai media pemecah kesolidan masyarakat. Pemahaman masyarakat tentang kebhinekaan dalam kesatuan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia ternyata juga masih perlu terus dibina dan diperkuat.
Dalam konteks birokrasi pemerintah daerah, salah satu fungsi pemerintahan yang paling pokok adalah bagaimana secara efektif mengintegrasikan berbagai kepentingan masyarakat dan publik yang berbeda menjadi terkelola dan sinergis, yang sangat berguna dalam proses penciptaan stabilitas poleksosbudhankam yang berguna bagi pelaksanaan pembangunan masyarakat, daerah dan kamtibmas pada khususnya.
Namun demikian, kenyataan di lapangan masih menunjukkan adanya kebutuhan untuk membekali aparatur pemerintah daerah, khususnya dari aparat Dinas Sosial, Kesbanglinmas, Bagian Humas dan Satpol PP serta pihak  perusahaan swasta, khususnya bagian Humas dan Community/External Relations berkaitan dengan konsep dan aplikasi antisipasi dan pengelolaan masalah konflik sosial dan publik secara komprehensif dan lintas perspektif. Konflik semestinya dipahami sebagai outcome dari berbagai faktor yang saling mengkait; legal, ideologi, pendidikan, geografi, kemiskinan, pranata sosial dan berbagai faktor terkait lainnya. 
WHO SHOULD ATTEND
  1. Staf dan Pejabat Kantor Satpol PP
  2. Staf dan Pejabat Kantor Kesbanglinmas
  3. Staf dan Pejabat Kantor Dinas Sosial
  4. Staf dan Pejabat Bagian Humas SETDA
  5. Staf dan Pejabat Bagian Humas Perusahaan Swasta
  6. Staf dan Pejabat Bagian External/Community Relations Perusahaan Swasta
OBJECTIVE
Hasil yang diharapkan dari workshop ini adalah peserta mampu memahami secara komprehensif berbagai aspek teknis-legalistik maupun non teknis-sosiologis sebagai media untuk memahami, mengantisipasi dan mengelola situasi kritis terkait dengan munculnya konflik-konflik sosial dan publik yang semakin mengemuka.
Peserta akan mendapatkan wawasan mendalam dan utuh menyangkut dinamika dan perkembangan konflik sosial dan publik, sehingga dapat mengantisipasi sejak awal potensi munculnya konflik sosial dan publik secara terbuka  serta proaktif menyiapkan sistem mitigasi yang paling efektif.
Setelah mengikuti workshop ini, diharapkan peserta mampu menjadi problem solver yang baik dan efektif bagi masalah-masalah konflik sosial dan publik.
SUMMARY OUTLINE
  1. Konsep Konflik Sosial dan Publik dalam konteks Otonomi Daerah
  2. Dinamika Sosial Kemasyarakatan dan Permasalahan Sosial yang Muncul
  3. Mengantisipasi & Mengelola Konflik Sosial dan Publik secara Produktif
  4. Pengembangan Program Manajemen Konflik yang Efektif
  5. Analisa dan Pemetaan Konflik Sosial dan Publik
  6. Pendesainan Strategi dan Perencanaan Program Manajemen Konflik
  7. Merencanakan Kesepakatan Program-Program Bersama Lintas Pelaku
  8. Penanganan Masalah-Masalah Sosial dan Publik yang Muncul
  9. Pendekatan Human Relations dan Human Right berbasis Local Values dalam Penanganan Konflik
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social  Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE
COURSE FEE
Jentra Dagen Hotel
Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
18-20 March 2013
20-22 May 2013
28-30 August 2013
28-30 October 2013
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential

Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone        :  02743326339
Email         :  jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact      : Sari (08122758271)
                    Damiri (083867388077)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar