Offering Training
|
|
CSR Planning, Monitoring and Evaluation with GRI 3.1 Perspective
|
|
DESCRIPTION
|
|
ISO (International Standards
Organisation) telah meluncurkan standard pertama di dunia di bidang tanggung
jawab social pada awal November 2010.
Standard ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility ini menjadi rujukan
bagi perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara
bertanggung jawab. Standard ini akan menjadi rujukan praktek terbaik di
bidang tanggung jawab sosial bagi
perusahaan di sektor swasta maupun publik dengan mempertimbangkan aspek
sosial, lingkungan, legal, budaya, politik, dan keragaman organisasi termasuk
tentunya pertimbangan aspek ekonomis.
ISO 26000 merupakan standard rujukan
dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara
khusus berfokus pada tanggung jawab
sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang
berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi
perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan
bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan
perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR),
berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang
bertanggung jawab dan berbagai best
practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini.
Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial. Standard rujukan ISO 26000 ini akan menjadi barometer sejauh mana tingkat keterlibatan perusahaan dalam aktivitas tanggung jawab sosial dapat terukur. Dengan mencermati perilaku perusahaan, standard ini akan mengevaluasi sejauhmana perilaku perusahaan memberi kontribusi kepada upaya-upaya pembangunan berkelanjutan, khususnya aspek kesehatan dan kesejahteraan sosial; mempertimbangkan kebutuhan dan ekspektasi dari stakeholders; memenuhi persyaratan legal dan norma internasional lain yang relevan dan terintegrasi serta diimplementasikan di dalam organisasi.
Dengan perspektif strategis yang terkait
dengan eksistensi CSR di dalam organisasi, akan menjadi krusial bagi
pengelola perusahaan untuk mengidentifikasi keseluruhan rangkaian
implementasi CSR yang dimulai dari tahapan perencanaan, monitoring, evaluasi
dan sistem reporting untuk memastikan bahwa program CSR akan memberikan
manfaat optimal bagi penerima manfaat program. Pada prinsipnya program CSR
yang efektif akan dimulai dari adanya proses perencanaan yang baik,
dilanjutkan implementasi program yang selalu dimonitoring dan dievaluasi
secara efektif dan selanjutnya dirangkum dalam sebuah mekanisme sistem
monitoring yang efektif dan bersifat standardized. Dari sistem monitoring
yang efektif ini pula, selanjutnya pengelola program CSR dapat melakukan continuous improvement program-program
CSR selanjutnya secara berkelanjutan.
Training ini merupakan media
pembelajaran praktikal untuk meningkatkan kapasitas konseptual dan teknis
dari siapa saja yang akan terlibat dalam proses perencanaan, monitoring,
evaluasi dan sistem pelaporan program CSR dengan menggunakan standard GRI
versi terbaru.
|
|
WHO SHOULD ATTEND
|
|
Pelatihan ini merupakan landasan awal bagi siapa saja yang akan
terlibat dalam proses pengembangan, penerapan dan pengelolaan sistem tanggung
jawab sosial berbasis pada ISO 26000.
|
|
OBJECTIVE
|
|
·
Untuk memperkaya wawasan pengetahuan konseptual dan praktikal peserta
menyangkut siklus implementasi program CSR yang dimulai dari proses
perencanaan, monitoring dan evaluasi serta penyusunan sistem pelaporan
program CSR dengan menggunakan standard GRI versi terbaru.
·
Untuk meningkatkan kemampuan dan skill pesertaterkait dengan fungsi
perencanaan program, sistem monitoring dan evaluasi serta penyusunan sistem
pelaporan program CSR dengan standard GRI versi terbaru.
·
Memberikan
pemahaman tentang standar penulisan laporan keberlanjutan berdasarkan standar
internasional yang diakui sebagai pedoman penulisan Sustainability Reporting
terutaman Global Reporting Initiative dengan versi terbarunya
|
|
SUMMARY OUTLINE
|
|
1.
Planning
(identifying program performance indicator)
·
Identification of priority areas
·
Project Preparation/ Project Examination
·
Stakeholder Identification
·
Project Implementation
2.
Process
(tools and methods for monitoring and evaluation)
3.
The process
of monitoring and evaluation on CSR as a part of program improvement
4.
Sharing
experience of monitoring and evaluation on CSR in practice
5.
Global Reporting Initiative
·
Standar
pelaporan GRI (Global Report Initiative) Ver 3.1
·
Kategori,
Aspek, dan Indikotor GRI
·
Proses
Pembuatan Laporan
·
Materi
Laporan
·
Tampilan
Laporan
|
|
COURSE METHOD
|
COURSE SPEAKER
|
v Presentation
v Discuss
v Case
Study
v
Evaluation
v Simulation
|
Irfan
Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior
Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social Audit, Government Relations, Community
Building and Development )
|
TIME & VENUE
|
COURSE FEE
|
Jentra Dagen Hotel
Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
17-19
April 2013
19-21
June 2013
25-27
September 2013
27-29
November 2013
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
|
IDR
5.800.000,- Per Participant non residential
Course fees can be transferred to the
following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No. 1370007857077
|
FACILITY
|
INFORMATION AND REGISTRATION
|
¨ Module / Handout
¨ Certificate
¨ Souvenir
¨ Training Kit
|
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone :
02743326339
Email
: jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact
: Sari (08122758271)
Damiri (083867388077)
|
HUBUNGI JP CONSULTANT TRAINING Email:jpconsultantyogyakarta@gmail.com (HP : 0858 0192 3155/ 0853 7699 2793 WA : 0822 4260 1950 ; Pin BB : duta 123 )dengan Judul PELATIHAN SDM, ENGINEERING, KONSULTASI, INHOUSE TRAINING, REGULER TRAINING, SERTIFIKASI DEPNAKERTRANS RI, QUALITY, PURNAKARYA DAN PURNATUGAS,ISO 9000, ISO 14001:2004, ISO 18001:2007, INFORMASI training 2018, jadwal training 2018, INFOSEMINAR,SIO DEPNAKERTRANS RI
CSR Planning, Monitoring and Evaluation with GRI 3.1 Perspective - yogyakarta
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar