Offering Training
|
|
Membangun Kemitraan dengan Stakeholders dan
Mengelola Konflik Lokal berbasis Program CSR/ComDev di Industri Perkebunan,
Pertambangan, Ekstraktif dan Migas
|
|
DESCRIPTION
|
|
Salah satu tujuan utama dari perusahaan adalah
membangun kemitraan dengan semua stakeholder-nya dalam rangka pencapaian
tujuan strategis perusahaan. Seyogyanya, perusahaan mampu membangun
inisiatif-inisiatif kreatif dalam rangka membangun kemitraan dengan masyarakat
di sekitarnya yang terdiri dari beragam organisasi, lembaga, warga, dan tokoh
masyarakat sehingga tercapai adanya saling kesepahaman dan rasa hormat
diantara berbagai pihak yang pada ujungnya akan mempermudah proses
pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
Banyak sudah perusahaan yang telah melakukan program
CSR/CD dan mengklaim keberhasilan CSR/CD yang dilakukannya. Namun pada
kenyataannya, konflik antara perusahaan dan masyarakat dan stakeholders lokal
tetap saja terjadi. Konflik yang terjadi tentu saja memberikan dampak yang
merugikan bagi operasional perusahaan dan masyarakat sekitar.
Konflik dalam konteks ini didefinisikan sebagai
suatu hubungan antara dua pihak atau lebih (individu atau kelompok) yang
memiliki atau yang merasa memiliki sasaran yang tidak sejalan. Banyak isu
yang menjadi potensi konflik antara perusahaan dan masyarakat serta
stakeholders lokal seperti permasalahan tanah, pekerjaan, isu politik,
kebijakan otonomi dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mengantisipasi konflik,
perusahaan perlu kiranya mempunyai sistem early warning system yang
mampu mendeteksi konflik sejak dini serta secara efektif mampu
mentransformasi konflik menjadi situasi relasional yang win-win.. Dalam
konteks ini program CSR dan Comdev adalah berfungsi sebagai suatu program
yang semestinya dapat menjadi progam resolusi konflik antar stakeholder.
Adalah sangat penting bagi perusahaan untuk dapat menerapkan program CSR dan
Comdev dengan tepat dan sesuai dengan potensi konflik yang ada ditingkat
masyarakat sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan baik. Hasil akhir yang
diharapkan adalah kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu dan
perusahaan dapat hidup berdampingan secara damai dan produktif dengan semua
stakeholder-nya.
Berangkat dari pemikiran tersebut dan berefleksi
dari pengalaman yang menunjukkan besarnya kebutuhan perusahaan terhadap
pendekatan efektif mengelola konflik serta membangun kemitraan dengan
stakeholder-nya, maka kami berinisiatif menjawab kebutuhan tersebut. Melalui
training ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kesepahaman diantara
stakeholders yang berwujud pada komitmen bersama memberdayakan masyarakat.
|
|
WHO SHOULD ATTEND
|
|
Pimpinan dan Pemilik Perusahaan
Tambang/Perkebunan/Ekstraktif lainnya, Konsultan Hukum, Staf dan Manajer bidang
Hukum, External Relations, Public Relations, Government Relations, CSR and
Community Development, Project/Site Manager, LSM, Tokoh Masyarakat, Polisi,
Staf dan Pejabat Pemda dan pihak lainnnya yang terkait.
|
|
OBJECTIVE
|
|
·
Peserta pelatihan mampu meng-update informasi
terkini dan valid menyangkut situasi politik dan sosial dari semua stakeholders
lokal.
|
|
SUMMARY OUTLINE
|
|
1. Kebijakan
dan Ruang Lingkup Praktik CSR/CD di Industri Perkebunan, Pertambangan,
Ekstraktif dan Migas
2. CSR/CD
dan Isu Dinamika Daerah/Lokal: Kerusakan Lingkungan, Hak Ulayat, Ekonomi
Lokal, Ketenagakerjaan, Otonomi Daerah
3. Membangun
Kemitraan dalam Program CSR/CD melalui Transformasi Konflik di Industri
Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas
4. Pendekatan
Conflict Sensitivity Tool for Business & Project Operasional yang
dikembangkan oleh International Alert
5. Pemetaan
Isyu/Masalah dan Stakeholders/Jejaring Kepentingan di Industri Perkebunan,
Pertambangan, Ekstraktif dan Migas melalui Kemitraan Strategis antar
Stakeholders
6. Lesson
Learned: Praktek CSR/CD di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan
Migas melalui Kemitraan Strategis antar Stakeholders
|
|
COURSE METHOD
|
COURSE SPEAKER
|
v
Presentation
v
Discuss
v
Case
Study
v
Evaluation
v Simulation
|
Irfan
Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in
Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social Audit, Government Relations, Community
Building and Development )
|
TIME & VENUE
|
COURSE FEE
|
Hotel
Jentra Jl. Dagen 85 Malioboro
Yogyakarta
Telp
(0274580789)
01 - 03 July 2013
3 days
08
am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
|
IDR
5.800.000,- Per Participant non residential
Course fees can be transferred to the following account number
:
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No. 1370007857077
|
FACILITY
|
INFORMATION AND REGISTRATION
|
¨ Module / Handout
¨ Certificate
¨ Souvenir
¨ Training Kit
|
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone :
02743326339
Email : jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Website
: www. jptrainingcenter.com
Contact
: Tina (085741853818)
Sari (08122758271)
Damiri (083867388077)
|
HUBUNGI JP CONSULTANT TRAINING Email:jpconsultantyogyakarta@gmail.com (HP : 0858 0192 3155/ 0853 7699 2793 WA : 0822 4260 1950 ; Pin BB : duta 123 )dengan Judul PELATIHAN SDM, ENGINEERING, KONSULTASI, INHOUSE TRAINING, REGULER TRAINING, SERTIFIKASI DEPNAKERTRANS RI, QUALITY, PURNAKARYA DAN PURNATUGAS,ISO 9000, ISO 14001:2004, ISO 18001:2007, INFORMASI training 2018, jadwal training 2018, INFOSEMINAR,SIO DEPNAKERTRANS RI
Membangun Kemitraan dengan Stakeholders dan Mengelola Konflik Lokal berbasis Program CSR/ComDev di Industri Perkebunan, Pertambangan, Ekstraktif dan Migas - Yogyakarta
Langganan:
Postingan (Atom)