PROCUREMENT FRAUD MANAGEMENT Running 11 – 13 November 2014


Offering Training
PROCUREMENT FRAUD MANAGEMENT
Running  11 – 13 November 2014
DESKRIPSI
Sebagian perusahaan yang multinasional maupun Pemerintahan menempatkan bagian pengadaan pada fungsi sentral. Sehingga diberikan kepercayaan penuh dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa. Baik dalam pemilihan rekanan maupun dalam penentuan pemenang tender.
Proses seleksi rekanan/pemasok dapat membuka peluang fraud bagi procurer atau staf terkait lainnya. Fraud adalah fenomena umum yang terjadi di perusahaan/institusi yang memiliki prosedur dan sistem pengawasan yang lemah. Perilaku ini menimbulkan pemborosan sumberdaya dan kerugian material bagi perusahaan dan sistem secara keseluruhan.
Perilaku fraud system menimpa siapa saja dalam proses pengadaan, tanpa melihat jenjang jabatan. Mulai dari “menjual informasi” procurement plan, bersikap diskriminatif kepada calon pemasok, hingga mengatur proses pengadaan atau tender dengan tujuan meminta “success fee” atau melakukan “mark up harga” demi keuntungan pribadi. Dalam banyak kasus pelaku fraud tidak hanya procurer saja, tapi juga system dari bagian lain yang menjadi bagian dari komite pembelian, pemegang database perusahaan, bahkan level pengambil keputusan. Diperlukan sistem dan pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi resiko terjadinya fraud.
TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kenapa procurement fraud system terjadi, apa penyebabnya, dan bagaimana meminimalisir resiko fraud. Selain itu akan diajarkan kode etik, sistem evaluasi dan pengawasan sebagai preventive action agar semua pihak memahami tugas para Procurer.
Manfaat Pelatihan
1.     Mendeteksi potensi fraud dalam siklus procurement
2.     Dapat lebih memahami dan mengerti kode etik dan regulasi terkait 
3.     Memastikan bahwa seluruh order sesuai perencanaan dan kebutuhan yang wajar  sesuai kebijakan perusahaan/institusi, untuk mencegah peluang fraud.
4.     Melakukan proses analisa kewajaran dan re-checking dalam setiap tahapan pembelian termasuk proses pengambilan keputusan di setiap jenjang 
5.     Mengembangkan system yang dapat mengidentifikasi dengan baik dan akurat bahwa resiko fraud akan terjadi atau tidak
6.     Mengembangkan metodologi investigasi dan prosedur preventif action yang objektif jika terjadi resiko fraud
7.     Mengembangkan kemampuan lesson learnt dari setiap kasus fraud yang terjadi serta mengambil corrective action untuk memproteksi resiko tersebut di masa mendatang
8.     Memahami pentingnya nilai etika moral bagi procurer dan bagaimana perilaku cost concern dan kesadaran moral ini akan berpengaruh secara langsung untuk menghilangkan hidden cost dan pemborosan akibat fraud.
PESERTA PELATIHAN
Semua team yang terlibat dalam pengambilan keputusan:  Project Manager, Purchasing Manager, Logistics/Supply Chain Manager, Internal Auditor, Finance Manager, CEO perusahaan, dan siapa saja yang ingin memperoleh pengetahuan praktis dibidang ini.

MATERI PELATIHAN
1.     Introduction to procurement fraud
2.     Transparency and accountability principles
3.     Common types of procurement frauds
4.     Criteria for gross misconduct, criminal, and civil cases
5.     Fraud detection methods
6.     Handling procurement fraud
7.     Constructing preventive policy and control system 
8.     Socialization and implementing policy
9.     Fraud case study
COURSE METHOD
COURSE SPEAKER
v  Presentation
v  Discuss
v  Case Study
v  Evaluation
v  Simulation
Patisina,S.T.,M.Eng and Team
Praktisi dalam memimpin proyek di pemerintahan maupun swasta. Trainer dalam bidang logistic, SCM HSE, Penyusunan CSMS, Penyusunan HES PLAN, Industrial Engineering, Management, Leadership. Dll.
TIME & VENUE
COURSE FEE
Papandayan Hotel , Amaris Hotel
Bandung
West Java

11 - 13 November  2014
3 days
08 am – 04 pm

IDR 5.800.000,- Per participant non residential at Yogyakarta
Disc 10% for 3 registrations from the same company.
Course fees can be transferred to the following account number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No.  1370007857077

FACILITY
INFORMATION AND REGISTRATION
¨  Module / Handout
¨  Certificate
¨  Souvenir
¨  Training Kit
¨  USB
¨  Training di hotel Berbintang
JP Consultant
Kalibayem No. 436 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone     :  02743326339
Web            : www.jptrainingcenter.com
Email         :jpconsultantyogyakarta@gmail.com
Contact     : Tina  (082225972336)
                           (085741853818)                   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar