Offering
Training
|
|
PROCUREMENT
FRAUD MANAGEMENT
Running 11 – 13 November
2014
|
|
DESKRIPSI
|
|
Sebagian perusahaan yang multinasional maupun
Pemerintahan menempatkan bagian pengadaan pada fungsi sentral. Sehingga
diberikan kepercayaan penuh dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa. Baik
dalam pemilihan rekanan maupun dalam penentuan pemenang tender.
Proses seleksi rekanan/pemasok dapat
membuka peluang fraud bagi procurer atau staf terkait lainnya. Fraud adalah
fenomena umum yang terjadi di perusahaan/institusi yang memiliki prosedur dan
sistem pengawasan yang lemah. Perilaku ini menimbulkan pemborosan sumberdaya dan kerugian material bagi
perusahaan dan sistem secara keseluruhan.
Perilaku fraud system menimpa siapa saja
dalam proses pengadaan, tanpa melihat jenjang jabatan. Mulai dari “menjual informasi” procurement plan, bersikap
diskriminatif kepada calon pemasok, hingga mengatur proses pengadaan
atau tender dengan tujuan
meminta “success fee” atau melakukan “mark up harga” demi keuntungan pribadi. Dalam banyak
kasus pelaku fraud tidak hanya procurer saja, tapi juga system dari bagian
lain yang menjadi bagian dari
komite pembelian, pemegang database perusahaan, bahkan level pengambil
keputusan. Diperlukan sistem dan pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mendeteksi,
dan mengurangi resiko terjadinya fraud.
|
|
TUJUAN PELATIHAN
|
|
Pelatihan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kenapa
procurement fraud system
terjadi, apa penyebabnya, dan bagaimana meminimalisir resiko fraud. Selain
itu akan diajarkan kode etik, sistem
evaluasi dan pengawasan sebagai preventive action agar semua pihak memahami
tugas para Procurer.
Manfaat
Pelatihan
1.
Mendeteksi potensi fraud dalam siklus
procurement
2.
Dapat lebih memahami dan mengerti kode etik dan regulasi terkait
3.
Memastikan bahwa seluruh order sesuai
perencanaan dan kebutuhan yang wajar sesuai kebijakan
perusahaan/institusi, untuk mencegah peluang fraud.
4.
Melakukan proses analisa kewajaran dan
re-checking dalam setiap tahapan pembelian termasuk proses pengambilan
keputusan di setiap jenjang
5.
Mengembangkan system yang dapat
mengidentifikasi dengan baik dan akurat bahwa resiko fraud akan terjadi atau
tidak
6.
Mengembangkan metodologi investigasi dan
prosedur preventif action yang objektif jika terjadi resiko fraud
7.
Mengembangkan kemampuan lesson learnt dari
setiap kasus fraud yang terjadi serta mengambil corrective action untuk
memproteksi resiko tersebut di masa mendatang
8.
Memahami pentingnya nilai etika moral bagi
procurer dan bagaimana perilaku cost concern dan kesadaran moral ini akan
berpengaruh secara langsung untuk menghilangkan hidden cost dan pemborosan
akibat fraud.
|
|
PESERTA PELATIHAN
|
|
Semua team yang terlibat dalam pengambilan
keputusan: Project Manager, Purchasing Manager,
Logistics/Supply Chain Manager, Internal Auditor, Finance Manager, CEO
perusahaan, dan siapa saja yang ingin memperoleh pengetahuan praktis dibidang
ini.
|
|
MATERI PELATIHAN
|
|
1. Introduction to procurement fraud
2. Transparency and accountability principles
3. Common types of procurement frauds
4. Criteria for gross misconduct, criminal, and civil cases
5. Fraud detection methods
6. Handling procurement fraud
7. Constructing preventive policy and control system
8.
Socialization
and implementing policy
9.
Fraud
case study
|
|
COURSE
METHOD
|
COURSE
SPEAKER
|
v
Presentation
v
Discuss
v
Case Study
v
Evaluation
v Simulation
|
Patisina,S.T.,M.Eng and Team
Praktisi
dalam memimpin proyek di pemerintahan maupun swasta. Trainer dalam bidang logistic, SCM HSE, Penyusunan CSMS, Penyusunan HES PLAN, Industrial
Engineering, Management, Leadership. Dll.
|
TIME & VENUE
|
COURSE FEE
|
Papandayan Hotel , Amaris Hotel
Bandung
West Java
11 - 13 November 2014
3 days
08 am – 04 pm
|
IDR 5.800.000,- Per participant non residential at Yogyakarta
Disc 10% for 3
registrations from the same company.
Course fees can be transferred to the following account
number :
CV JP CONSULTANT : MANDIRI Bank Yogyakarta Branch Acc. No. 1370007857077
|
FACILITY
|
INFORMATION AND
REGISTRATION
|
¨ Module / Handout
¨ Certificate
¨ Souvenir
¨ Training Kit
¨ USB
¨ Training di hotel Berbintang
|
JP
Consultant
Kalibayem No. 436
Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Phone :
02743326339
Web
: www.jptrainingcenter.com
Contact : Tina (082225972336)
(085741853818)
|
HUBUNGI JP CONSULTANT TRAINING Email:jpconsultantyogyakarta@gmail.com (HP : 0858 0192 3155/ 0853 7699 2793 WA : 0822 4260 1950 ; Pin BB : duta 123 )dengan Judul PELATIHAN SDM, ENGINEERING, KONSULTASI, INHOUSE TRAINING, REGULER TRAINING, SERTIFIKASI DEPNAKERTRANS RI, QUALITY, PURNAKARYA DAN PURNATUGAS,ISO 9000, ISO 14001:2004, ISO 18001:2007, INFORMASI training 2018, jadwal training 2018, INFOSEMINAR,SIO DEPNAKERTRANS RI
PROCUREMENT FRAUD MANAGEMENT Running 11 – 13 November 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar